Sebagai Receptionist yang berhadapan langsung dengan tamu, pastinya kita harus hafal diluar kepala tentang layout atau gambaran tentang hotel tempat kita kerja. Tamu pasti berbeda kebutuhan dan permintaannya. Oleh karena itu knowledge kita tentang setiap sela hotel harus tau, bisa aja tamu minta kamar yang sebelahan, atau sebrang-sebrangan. Nah, untuk membantu tentang jenis kamar. Saya coba kelompokan berdasarkan Bed, Letak, Fungsi, dan Fasilitas.
o Berdasarkan
Bed
Twin Bed, Kamar dengan 2 buah single bed didalamnya. ukurannya bisa beragam tergantung hotel-nya sendiri. tapi biasanya Panjang = 72 inci, Lebar = 32 inci.
Double, Kamar dengan 1 buah queen / king size bed didalamnya. biasanya untuk king size : Panjang = 78 inci, Lebar = 72 inci. Sedangkan queen bed : Panjang = 72 inci, Lebar = 60 inci
Triple, Kamar dengan 3 buah single bed didalamnya. atau bisa juga 1 single bed dan 1 queen bed.
o Berdasarkan
Letak
Adjoining. 2 buah kamar yang bersebelahan posisinya. Misalnya 501 dan 503 dalam bentuk hotel dimana kamarnya saling berjajar berhadapan dan posisi 502 disebrang 501 dan 503 di sebelah 501. Jadi kamar 501 dan 503 Adjoining.
Adjacent, kamar yang pintu masuknya paling dekat posisinya dari pintu masuk kamar yang diminta. Tergantung posisi pintu masuknya.
Connecting, 2 buah kamar yang bersebelahan dan masing - masing kamar memiliki connecting door sebagai akses penghubung di dalam kamarnya masing - masing. Connecting door ini dapat dihubungkan apabila masing - masing kamar membuka connecting door-nya.
Duplex, kamar yang memiliki tangga di dalam kamarnya. Biasanya bagian bawah berupa living room dan bagian atas adalah bedroom nya yang dihubungkan oleh anak tangga didalam room tersebut.
Cabana, kamar yang memiliki jendela terbuka yang menghadap ke bentukan air. view nya bisa berupa swimming pool, danau, pantai, dll secara langsung.
o Berdasarkan
Fungsi
Hospital
Suite, kamar yang digunakan untuk keperluan medical.
Parlor, kamar yang digunakan untuk make-up room.
Block
room, kamar yang diblock atau sudah dibooking untuk keperluan khusus. Biasanya instansi tertentu yang ingin berdekatan kamarnya.
Mock
up, kamar yang digunakan untuk showing kepada guest, atau contoh kamar.
House
Use, kamar yang digunakan untuk tinggal bagi petinggi hotel tersebut, biasanya digunakan oleh GM hotel tersebut sesuai kebijakan.
o
Berdasdarkan Fasilitas
Standard Room
Deluxe Room
Suite Room
Junior Suite
Suite Room
Presidential Suite
Terima kasih atas sharingnya, sangat bermanfaat ^_^
BalasHapusSekedar menambahkan untuk Standard Operating Procedure (SOP) Front Ofiice Hotel menggunakan Software PMS (Property Management System) bisa dilihat di video berikut ini FREE DOWNLOAD Klik Di Sini Semoga bermanfaat ^_^